Topic outline

  • Deskripsi Kelas


     4 Jam Technical Deep-dive

    Kelas ini ditujukan untuk Anda yang ingin membuat visualisasi data dari suatu paramater bergerak selama kurun waktu tertentu. Output dari kelas ini adalah video visualisasi data yang animatif disertai dengan narasi yang penuh insight. Video tersebut memvisualisasikan 10 Provinsi dengan Biaya Termahal selama 15 tahun terakhir. Akan diberikan dua dataset yaitu 10 orang terkaya di Indonesia selama 14 tahun terakhir dan 10 Provinsi dengan upah minimum provinsi tertinggi selama 20 tahun terakhir kepada Anda sebagai latihan.

    Setelah mengikuti kelas ini, Anda diharapkan dapat: 

    • Memahami cara mendapatkan data untuk visualisasi data animatif, dalam hal ini adalah bar chart race
    • Melakukan formatting data untuk membuat bar chart race
    • Melakukan visualisasi data bar chart race yang sesuai dengan kaidah-kaidah desain yang mencakup warna dan jenis font
    • Membuat video bar chart race dengan narasi (caption)
    • Mempublikasikan video di beberapa social media



    Expert

    Ari Kuncoro
    Bernardus Ari Kuncoro, ST, MTI

    Ari saat ini merupakan Head of Analytics Center of Excellence di IYKRA yang memiliki pengalaman profesional sebagai Data Scientist selama lebih dari lima tahun di berbagai macam industri seperti Telekomunikasi, retail, e-commerce, pariwisata, transportasi, dan FMCG. Ari sering membagikan ilmu di beberapa kelas, event seminar berskala nasional maupun internasional, dan sangat terpanggil untuk meningkatkan data literacy utamanya untuk generasi muda Indonesia.



    Rio Alfa Yudhistira
    Rio Alfa Yudhistira S.Ds

    Rio saat ini merupakan seorang desainer grafis di IYKRA dengan pengalaman profesional selama lebih dari tiga tahun di bidang FMCG dan pendidikan. Ia merupakan lulusan Desain Produk Universitas Mercu Buana dengan pengalaman internship di berbagai perusahan baik BUMN maupun swasta. Beberapa karya indahnya dapat dilihat di akun Instagram @iykra_id.


  • Topik 1: Perkenalan

    Page: 1Quiz: 1
  • Topik 9: Langkah Selanjutnya

    Page: 1Assignment: 1Files: 2